Tips Hemat Selama Traveling di Jepang


Jepang adalah salah satu Negara dengan biaya hidup termahal di dunia. Hampir cukup sulit untuk berhemat di Jepang. Akan tetapi bukan berarti tidak mungkin bukan?

Mari kita breakdown apa saja yang menyebabkan membengkaknya biaya hidup di Jepang.

  1. Tempat tinggal

Biaya penginapan hostel di jepang mulai dari 200 ribu rupiah. Itu pun dengan kondisi yang mengkhawatirkan. Tempat ini bisa dipilih apabila kamu seorang backpacker yang tidak masalah dengan tingkat kenyamanan rendah untuk beristirahat. Pilihlah hostel yang dekat dengan tujuan wisata kamu sehingga tidak perlu terlalu sering untuk berganti kereta. Biaya berkereta di jepang untuk dalam kota Tokyo sekitar 20 ribu lebih untuk satu kali trip. Jadi memilih tempat tinggal strategis bisa sangat menguntungkan.

Pilihan lain untuk berhemat adalah couch surfing. Kamu dapat mengakses www.couchsurfing.com . Ini adalah website di mana traveler dari seluruh penjuru dunia menawarkan tempat tinggal mereka secara gratis.

Minusnya, ber-couchsurfing ria membuat kamu kehilangan ‘kebebasan’. Kita harus mengikuti house rule dan juga harus memiliki tingkat respek yang tinggi. Seperti tidak membuat kegaduhan, tidak pulang terlalu malam, tidak membuat kotor ruangan, dan masih banyak hal lain yang ditentukan oleh para host. Tapi melakukan couch surfing bisa sangat membantu mengurangi jumlah pengeluaran.

IMG_3048
Salah satu hasil buruan di airbnb. Muat untuk 12 orang loh.

Berikutnya, kamu dapat mencoba Airbnb di www.airbnb.com atau menginstal aplikasinya di smartphone iOS dan android kamu. Airbnb memiliki konsep seperti hotel akan tetapi yang disewakan adalah tempat tinggal pribadi. Ada 3 jenis tempat pribadi yang disewakan, yaitu entire home, entire apartment, dan juga private room. Untuk jenis private room adalah kamar yang disewakan di mana kita tinggal satu atap dengan sang host. Sedangkan lainnya memungkinkan kita bebas mengakses setiap fasilitas kamar karena yang disewakan adalah seluruh isi apartemen atau seluruh isi rumah. Jika beruntung, malah kamu bisa dijemput si empunya rumah seperti pengalaman saya saat tinggal di salah satu rumah di daerah nakano, Tokyo.

Untuk mendapatkan diskon saat memesan kamar di airbnb untuk pertama kalinya, silakan menggunakan kode ini IRFANI7 . Kamu akan mendapatkan diskon sebesar Rp. 250.000-an tergantung rate dollar saat kamu memesan kamar.

  1. Makanan

Makanan adalah salah satu komponen biaya yang sering kali tidak terduga. Biaya makan ‘kenyang’ yang belum tentu enak di jepang adalah sekitar 40 ribu rupiah sekali makan. Dengan rate harga segitu kamu mendapatkan berbagai macam bento di supermarket-supermarket. Untuk beef rice bowl seperti yoshinoya dan matsuia dihargai mulai dari 380 yen. Dan ramen mulai dari 600 yen. Jadi untuk 3 kali makan dalam sehari kamu minimal mengeluarkan sekitar 150 ribu hingga 250 ribu. Cukup mahal bukan?

Nah ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat makan di Jepang.

Yang pertama, Makanlah makanan besar satu kali, lalu sisanya membeli onigiri yang seharga mulai dari 56 yen atau sekitar 6 ribu rupiah. Membeli dua onigiri saja sudah  kenyang loh. Dan cara seperti ini akan memangkas biaya makan dengan jumlah sangat besar.

Kedua, pilihlah tempat tinggal yang memiliki fasilitas dapur sehingga kamu bisa memasak sendiri. Apalagi jika kamu traveling dalam bentuk kelompok. Kamu bisa makan enak dan kenyang tapi menghemat ratusan yen loh. Jangan lupa, bawalah beras dari Indonesia dan juga bumbu dasar seperti garam dan lada. Di jepang beras dihargai cukup mahal, apalagi setelah berbentuk nasi, harganya bisa mencapai 250 yen hanya untuk semangkuk saja, itupun belum tentu kenyang loh. Membeli bahan makanan murah di jepang seperti daging dan sayuran bisa di supermarket. Jangan di toko kecil seperti 7 eleven atau Lawson. Harganya bisa berbeda beberapa puluh yen. Atau kamu bisa membeli frozen food dan menghangatkannya dengan microwave. Oleh karena itu pada tips kedua ini sangat penting memilih tempat tinggal dengan fasilitas dapur yang lengkap.

FullSizeRender (2)
mari masak seduh mie instannya jepang!
IMG_3054
Ini dia hasilnya! Enak kan punya fasilitas dapur

Ketiga, tips yang ketiga tidak repot, hanya perlu strategi dan kesabaran aja. Hehehe. Pada tips ketiga ini kamu kudu membeli makanan di supermarket ketika mereka akan tutup. Jepang terkenal dengan fresh food mereka meskipun itu adalah makanan yang dijajakan di supermarket. Oleh karena itu, mereka akan memangkas makanan hingga ratusan yen ketika toko akan tutup. Ini dilakukan supaya semua dapat habis terjual dan diganti dengan yang baru pada keesokan harinya.

3bbcb803ff1a0a722aad878d63616c3b

  1. Transportasi

Tidak banyak tips hemat yang bisa diberikan, hanya saja perlu diketahui bahwa transportasi di Jepang hampir semua dikuasai oleh JR Company. Dan beruntung untuk wisatawan mancanegara, diperbolehkan membeli one access pass yang dinamakan JR pass ini untuk mengakses sepuasnya segala macam transportasi yang ada di bawah management mereka. Manfaat pembelian JR pass akan semakin terasa apabila kamu tinggal di daerah yang dapat diakses JR Train sehingga tidak perlu pindah dan membeli tiket subway atau bus yang biaya nya bisa membengkak, apalagi jika ‘gampang-tersesat’ adalah nama belakang kamu. Hihihi.

7503f77bad6d8e083ecab2e16e0f21c1
Japan Rail Pass atau JR Pass adalah hal yang tepat untuk kamu beli jika kamu sangat sering menggunakan JR Train.

Membeli JR pass dapat dilakukan di Indonesia. Untuk Jakarta silakan ke HIS travel di FX mall sudirman dan juga di wisma keiai..

  1. Internet

Membeli kartu internet di Jepang agak sulit karena pengisian data sedikit merepotkan. Tidak seperti di Indonesia yang dapat seenaknya mengganti kartu simcard. Ada baiknya menyewa pocket wifi langsung dari Indonesia sehingga tidak perlu menghabiskan waktu mencari simcard, apalagi tidak semua petugasnya khatam bahasa inggris sehingga kamu akan kerepotan apabila ada pertanyaan yang ingin diajukan terkait penggunaan simcard dan cara membeli kuotanya.

Menyewa pocket wifi Jepang di Indonesia dapat dilakukan di tempat yang sama seperti tempat membeli JR Pass

Untuk berhemat memang ada banyak hal yang perlu dikorbankan tapi melakukannya bukanlah hal yang tidak mungkin. Kamu sendiri, punya tips khusus tidak untuk berhemat di Jepang?

Iklan

24 pemikiran pada “Tips Hemat Selama Traveling di Jepang

    1. wwkwkwkw mas cumiii gemes dah! minta digigit banget! Syarat foya foya itu mesti jadi ani ani kak *digampar

      pocket wifi kemaren kena sejutaan gitu untuk 7 GB doang. Hih mahallll. Apalagi kalau pake simcard di sana yak.

  1. Khusus untuk wifi paling enak sebetulnya menyewa saja langsung ketika mendarat di Airport. Di setiap airport pasti ada. Harganya cukup reasonable kok kalau untuk bepergian berdua misalnya.

    1. Iya betul mas. Kemaren aku baca itu juga. Tapi untuk mereka yang khawatir kerepotan di Jepang, bisa mengurusnya di Jakarta juga . Hehehe. Padahal sih ya gak repot-repot amat juga.

      1. Mas Irfan tlg tanya :
        Wifi pocket busa dishare brp org krn kita rencana pergi ber 5.apa bisa dipakai bebarengan.

        Kalo beli wifi pocket macam smart fren diganti kartu disana apa susah

        Tx ya

      2. Pocket wifi dari indonesia saya rasa gabisa dipake di sana mbak. Soalnya tiap negara punya jaringan frekuensi yg berbeda. Dan saya kurang begitu paham apakah sama dengan indonesia. Untuk sharing berlima masih bisa kok. Pastikan tanya dulu ya maximum sharingnya. Ada yg maximal 10
        Kalau tidak salah

  2. Mas Irfan, bantu sharing nih.. kemarin utk pocket wifi sy sewa di HIS, krn sy beli JR pass (utk ber6), sy dpt cuma Rp. 560rb utk 8hr, 7 GB, bisa utk 8 device, oiya depositnya Rp. 1 jt, dikembalikan pd saat mengembalikan alatnya.. saran sy sih lbh baik sewa di indonesia, jd sampe bandara sdh bs langsung online

  3. Tips hemat di WiFi: cari airbnb yang juga provide pocket WiFi.
    Sekarang sih kalo diliat2 host-nya rata2 udah nyediain pocket WiFi. Pengalaman saya kemarin stay di entire room apt di Shin-Osaka via airbnb yang provide pocket WiFi, sangat membantu 🙂

    Tips hemat makan hmmm rasanya kalo di Jepang hemat buat makanan sayang juga ya, secara banyak yang enak enak di pinggir jalan (karage, yaki soba, dorayaki, soft ice cream) yang sayang kalau gak dicoba 😀

  4. Tips hemat ala Chika: nginep di rumah teman atau sodara. :))))

    Btw kalau sewa airbnb yang serumah ama yang punya, biasanya dimasakin sarapan bahkan makan malam. :3

    1. Aku kmren sama temen gak solo trip. Jadi ga enak kalau stay tempat temen 😂 .

      Aku kalau serumah ma yg punya nanti potensi baper kak chik. Apalagi sampe sarapan bareng.

  5. Kalo kemarin saya beli simcard dr indo providernya namanya docomo 300rb buat 7 hari unlimited. Di haneda sempat pinjem router tambahan kalo ga salah 800 yen ada paket2nya kemarin kalo ga salah yg paket 3G per-3 hari bisa dipake multi devices.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s