Wisata ke Gua Pawon Padalarang Bandung


Mungkin orang hanya mengenal bandung sebagai surga makanan dan juga surga belanja saja. Jarang yang datang ke bandung untuk pergi ke tempat wisata alam. Mungkin karena lokasinya agak sulit dijangkau ataupun karena terlalu jauh. Maka dari itu banyak yang lebih menyukai wisata kuliner dengan mengunjungi berbagai macam café yang dipenuhi para hipster.

Karena kebosanan itulah saya dan teman-teman mencoba untuk pergi sedikit lebih jauh ke wilayah padalarang, yaitu ke gua pawon. Sekitar 25 km dari kota bandung. Cara ke tempat ini bisa melalui tol dan keluar di exit padalarang, atau bisa melalui jalur Cimahi. Memang sih cukup jauh melewati jalan yang tidak terlalu proper dan juga berdebu karena merupakan wilayah industri penambangan batu kapur. But trust me it will worth the obstacles kok !

Tidak sulit mencari gua pawon, kamu bisa mengikut map yang sudah saya embed berikut ini:

Gua pawon merupakan gua purba di mana tempat ini dulunya dipercaya sebagai tempat leluhur orang sunda tinggal karena ada tengkorak manusia purba yang ditemukan di tempat ini. Karena itu ada area yang dipagar dan tidak boleh disentuh supaya tidak merusak keaslian tempat ini sebagai situs purbakala.

Memasuki gua pawon tidaklah sulit. Tempatnya sudah ditata dengan tangga batu yang disemen. Sepertinya pemerintah sudah aware dengan wisata ini sehingga diberikan fasilitas yang sudah cukup menyamankan pengunjungnya. Tangga ini akan membawa kamu ke pintu masuk gua yang cukup luas, untuk masuk ke ruangan gua yang lebih dalam, kamu bakal melewati sebuah lubang yang cukup kecil sehingga pengunjung kudu masuk bergantian.

Ini dia tangga menuju ke gue pawon
Ini dia tangga menuju ke gua pawon

Ruang berikutnya setelah melewati lubang kecil adalah bagian tebing gua dengan pemandangan langsung ke arah perbukitan dan rumah penduduk. Kebayang sih kalau ke sini pas pemandangannya matahari terbit atau pas sunset. Pasti lebih kece, duduk-duduk di tepi tebing gua sambil ngobrol sama temen dengan pemandangan sunset atau sunrise. Ati-ati aja baper tapinya.

Gua Pawon

Di bagian tengah gua pawon ada sebuah lubang yang dikelilingi banyak kelalawar beterbangan tanpa henti. Mereka menimbulkan suara yang cukup berisik dan juga bau kotoran yang cukup menyengat di sekitar area gua. Siapkan masker penutup hidung jika kamu merasa terganggu dengan bau tersebut. Saya sendiri tak tahan dengan bau kotorannya, sampai-sampai menahan napas cukup panjang ketika melewati area kelalawar ini berada.

Kumpulan kelalawar di Gua Pawon
Kumpulan kelalawar di Gua Pawon

Sebetulnya banyak bagian di gua pawon yang katanya penjaganya bisa dieksplor. Akan tetapi dikarenakan medan yang sangat sulit, bagian-bagian lain tersebut tidak dibuka untuk umum.

Bergaya narsis dulu dong
Bergaya narsis dulu dong

Jadi itulah alternatif untuk kamu yang mau wisata selain kuliner dan belanja ketika mengunjungi bandung. Gimana, tertarik datang? Tentu dong!

*ps: most of the pictures taken with Samsung NX30

Iklan

6 pemikiran pada “Wisata ke Gua Pawon Padalarang Bandung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s