Women Behind The Pearls, a Pearl Exhibition By Conrad Bali and Atlas Pearls and Perfumes.


There is a saying that pearls are women’s bestfriend. Ini karena mutiara yang memiliki warna indah, telah lama dijadikan perhiasan dan terkenal di kalangan wanita. Sejarah mutiara sebagai perhiasan cukup panjang, apalagi sebelum dapat dibudidayakan, mutiara adalah perhiasan sangat langka dan berharga mahal.

Beruntung, perusahaan Atlas Pearls And Perfumes telah membudidayakan mutiara, sehingga untuk mendapatkan mutiara dengan kualitas bagus tidak lagi selangka dan sesulit dahulu.

Proses Budidaya Mutiara

Menghasilkan mutiara dengan kualitas sangat bagus bukanlah proses yang mudah dan sebentar. Diperlukan total maksimal 4 tahun untuk proses dari mulai larva hingga menjadi kerang yang menghasilkan mutiara. Proses budidaya ini melibatkan warga lokal sehingga memberikan penghasilan bagi mereka. Dan banyak juga loh dari pekerjanya yang seorang perempuan. These pearls are from women for women.

ATLAS PEARL FARM
The Women Behind The Pearls
ATLAS PEARL FARM
The Woman Behind The Pearls

ATLAS PEARL FARM

ATLAS PEARL FARM
Para pekerja perempuan dibalik keindahan mutiara
ATLAS PEARL FARM
Bekerja untuk keindahan mutiara

Pengembangbiakan dan pembuahan antara kerang betina dan kerang jantan pun berlangsung dengan campur tangan team profesional Atlas Pearls and Perfumes. Ini dilakukan supaya tingkat keberhasilan pembuahan semakin tinggi. Larva dari hasil pembuahan ini hanya sebesar 20-25 persen saja yang dapat bertahan menjadi anakan kerang. Jadi siapa yang bilang, untuk mendapatkan mutiara yang cantik tidak memerlukan proses dan pengorbanan yang besar?

Woman Behind The Pearls – A pearl exhibition collaboration between CONRAD Bali and ATLAS Pearls and Perfumes.

Resor yang berada di pantai tanjung benoa ini telah mendapatkan penghargaan. Dan seperti beberapa acara sebelumnya, Conrad bali kembali mengadakan sebuah pameran Living Lobby Art yang ke-empat di tahun 2015 ini. Pameran yang merupakan hasil kerjasama antara Conrad Bali dan Atlas Pearls and Perfumes ini mengangkat tema WOMEN BEHIND THE PEARLS”/ “WANITA DI BALIK MUTIARA” . Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, saat saya berkunjung ke tempat pembudidayaan mutiara di daerah utara bali ini, saya melihat bahwa pekerja perempuan menjadi mayoritas di sana. Dan pameran ini akan menceritakan tentang keindahan mutiara dengan para perempuan yang bekerja di baliknya. Pameran ini akan dilangsungkan dari mulai tanggal 1 Oktober 2015 hingga 10 Januari 2016.

Apa saja yang akan ditawarkan oleh pameran Woman Behind The Pearls ini?

Pameran ini akan menyuguhkan keindahan dan cerita para perempuan di balik mutiara dengan menampilkannya dalam foto-foto menakjubkan, pertunjukan video dan alat bantu visual. Semua akan ditata seindah mungkin supaya kita dapat larut dalam proses dan perjuangan para perempuan-perempuan hebat ini. Para perempuan ini akan ditampilkan sebagai para ‘Ahli’ pembuat mutiara dari laut selatan.

Para Perempuan di balik mutiara
Para Perempuan di balik mutiara

Untuk membantu para pengunjung memisualisasikan cerita proses hebat ini, akan ditampilkan juga kerang mutiara dan juga peralatan yang membantu proses pembuatan mutiara ini dan bisa dilihat dalam wujud fisik. Dan para pengunjung akan disambut oleh pameran busana mahakarya perancang-perancang asal bali.

“Pameran ini tidak hanya mengungkap kemewahan perempuan saat mengenakan mutiara Bali, namun juga menambah wawasan tamu serta hubungan dengan masyarakat setempat yang mendedikasikan hidup mereka membuat mutiara,” ujar General Manager Conrad Bali, Frederic Lebegue.

Perusahaan ATLAS Pearls and Perfumes sendiri telah berdiri sejak tahun 1992. Perusahaan ini telah memimpin dan menjadi yang terdepan sebagai perusahaan yang membuat “kado teristimewa dari alam” berupa Mutiara Laut selatan.

1406230030 copy 1406230073v2 1406230136 1406230182 Atlas_52_final Atlas_190_final Atlas2_96_final

ATLAS Pearls and Perfumes menghadirkan pilot project budidaya kerang mutiara dari tahun 1992 di kupang, timor barat. Dan perusahaan ini terus berkembang hingga memiliki tempat budidaya di lima lokasi sekaligus yang terletak dari bali utara hingga papua barat. Dan semua lokasi budidaya ini selalu mengajak warga lokal untuk ikut serta bekerja dalam proses budidaya ini.

Living Lobby Art Exhibiton Series

 Pameran “Women behind the pearls” menjadi pameran keempat dan terakhir dari pameran kwartal Conrad bali sepanjang tahun 2015. Pameran ini seolah menampilkan jati diri Indonesia di mana para pengunjung bisa merasakan dan menikmati pengalaman luar biasa dari kesenian dan budaya indonesia sembari menemukan warisan dan filosofi yang terpendam di dalamnya.

Anda pun bisa ikut serta untuk menikmati dan mengunjungi pameran “Woman behind the pearls” dengan langsung datang ke acara ini. Dan tidak perlu terburu-buru, karena acara ini akan dimulai dari 1 Oktober 2015 hingga 10 Januari 2016. Tapi, jangan salahkan saya jika mutiara yang paling indah dan favorit, sudah dimiliki orang lain tanpa anda sempat melihatnya terlebih dahulu.

Untuk tempat tinggal selama di bali, tentu ada ingin menempati tempat yang nyaman bukan? Saya rasa, akomodasi ini akan cocok untuk anda.

Untuk info lebih lanjut mengenai acara ini, silakan untuk mengunjungi website ini http://news.conradhotels.com/bali .

Iklan

7 pemikiran pada “Women Behind The Pearls, a Pearl Exhibition By Conrad Bali and Atlas Pearls and Perfumes.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s