Itinerary di lombok day two! Where to go in lombok ?

Melanjutkan postingan sebelumnya tentang itinerary di lombok day 1, mari kita lanjutkan untuk membuat list destinasi di lombok day 2 !

Banyak pilihan destinasi bepergian di pulau ini, dari mulai pantai sampai gunung. Dari wisata reliji sampai yang maksiat juga ada, Ooops! tapi saya sih gakmau cari tau yang bagian maksiat karena kehidupan syariah tentu lebih menentramkan hati *pasang peci*.

baca juga:

Lansung aja baca list destinasi hari ke dua yuk!

Day 2

Kalau hari pertama diawali dengan pantai dan hari kedua juga ketemu pantai, kayaknya bosen ya. Nah maka dari itu saya sarankan hari berikutnya untuk menyusun itinerary pagi hari ke wilayah desa sembalun. Sembalun merupakah dataran tinggi yang berada di kaki gunung rinjani, cukup jauh dari kota mataram. Saya sarankan untuk bersiap sepagi mungkin.

• Sembalun Village
sembalun village
pemandangan di sembalun village

Desa sembalun cukup terkenal di lombok dengan topografi sawah yang mengundang decak kagum. Ada spot di desa sembalun di mana kita bisa melihat secara jelas bentuk sawahnya yang tersohor itu. Tapi sayang sekali saat kali tersebut saya tidak menemukannya dan supir yang kami bawa pun tidak tahu spot itu. Tapi enggak sedih juga sih, beberapa tempat yang kami temukan di jalanan malah memberikan kesan yang lebih menyenangkan. Seperti tempat di bawah ini, saya temukan ketika kami menepi di sembalun. Perkebunan dengan latar belakang barisan bukit ini… asli, enggak ada yang ngalahin! Saya cuman bisa tertegun kala angin pagi lembut membuai rambut dan pipi saya, cahaya matahari yang tidak terlalu panas, dan warna hijau yang memenuhi kedua mata saya. That was really awesome!

Desa Sembalun

Sungai pinggir jalan aja kece begini

Untuk gambar kedua dibawah ini pun saya temukan ketika melintas di jalur sembalun – senaru. Saat melewati sebuah jembatan, saya melihat di sebelah kiri sungai dengan bentuk yang unik penuh bebatuan. Warna airnya pun hijau muda dan segar seperti memanggil untuk didatangi. Berhubung saya orangnya murah banget dan mudah tergoda, saya minta pak supir untuk menepi. Lalu saya turun dan berendam kaki sambil tak lupa mengabadikannya dengan foto. Gimana, cakep kan? padahal ini sungai pinggir jalan loh, jadi jangan tutup mata saat diperjalanan karena bisa saja kamu menemukan sesuatu yang unik untuk didatangi.

• Rinjani Lodge

Pertama kali melihat tempat ini di sebuah foto di instagram saya langsung berkata dalam hati, “Saya.. harus ke sana!” . This place has something for me, ya berhubung berenang adalah satu-satunya olahraga yang sangat saya sukai apalagi bonus pemandangan gunung rinjani. Hanya satu kata yang cocok menggambarkannya, spektakuler !

gaya beud ya akoh

Rinjani Lodge sendiri sebetulnya sebuah resort yang kolam renangnya lebih terkenal daripada kamarnya. Poolnya punya konsep infinity, yaitu kolam renang yang pemandangannya enggak terbatas tembok. Nah, berhubung kolam renang ini dibuka untuk umum hanya dengan syarat membeli makanan senilai rupiah tertentu, banyak warga sekitar yang membawa keluarga dan anak-anaknya untuk berenang di sini. Padahal kolam renangnya berukuran kecil dan bukan kolam renang keluarga. Tapi lebih ke kolam renang untuk relaksasi diri yang tentunya memerlukan ketenangan. Cukup kecewa sih saat datang ke sana karena begitu ramai oleh teriakan anak kecil sehingga saya kurang dapat menikmati. Dan juga, makanan yang mereka sajikan kurang dapat dinikmati lidah kalau tidak mau dibilang tidak enak. 4 menu yang kami pesan, semuanya hambar. Padahal presentasi keempat makanan tersebut sangat menggugah selera. Mungkin jika nanti kamu berkunjung tanya saja chef’s recommendationn-nya. Kalau masih enggak enak sih ya keterlaluan banget.

swimming with a view
  • Sindang gile Waterfall.

Air terjun yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari Rinjani Lodge. Oleh karena itu saya masukan dalam satu list itinerary. Ada dua air terjun di area ini, sindang gile dan tiu kelep. Meskipun tiu kelep jauh lebih bagus, sindang gile tetep menjadi favorit karena lokasi air terjun tiu kelep sangat jauh . Sekitar 3-4 kilo dari Sindang gile. Keindahan tiu kelep tidak membuat saya ingin ke sana berhubung jauh banget dan lumayan cape. Ok, enough about that. I present you the beauty of sindang gile !

sindang gile waterfall senaru, rinjani
  • Pantai Segui

Pantai segui merupakan salah satu dari beberapa pantai yang berada di timur lombok yang… jauh banget. Apalagi kalau jalan darat. Saya sarankan untuk mempersingkat waktu perjalanan dengan menggunakan perahu dari desa jor. Kamu bisa menyewa perahu PP sekitar 200-300 ribu rupiah. Tergantung nego dan tentunya harga bahan bakar pada saat itu ya.

Dalam perjalanan menuju pantai Segui kamu akan melewati beberapa pulau kecil tidak berpenghuni yang bisa kamu kunjungi dengan bebas asalkan si empunya perahu bersedia mengantarkan, sebaiknya sih disepakati dari awal mau kemana aja tujuannya.

Salah satu pulau di area pantai pink. Pulau Segui.

Pantai segui ini salah satu dari deretan pantai di sepanjang semenanjung lombok timur. Saya gabisa kasih ancer-ancernya, karena memang tidak ada tanda khusus, tapi semua pemilik perahu tau kok. Nah ini dia pantainya, jangan lupa eksplor sekitar area sana karena cukup menarik untuk masuk ke galeri foto kamu.

pantai sebui
  • Pantai Pink

Kehebohan pantai pink katanya sudah menyebar sejak beberapa tahun lalu yang sayangnya, pada kali saya mendatangi tempat ini, warna pasirnya hanya putih saja meski ada beberapa butiran merah yang sudah tidak banyak. Saya cukup kecewa melihat fakta bahwa pantai pink telah rusak, tidak seperti yang diceritakan kawan saya @amrazing pada saat kami berkirim pesan via whatsapp, dia sangat merekomendasikan pantai pink ini karena dia sendiri merasa takjub melihatnya. Dia bilang itu pantai sangat keren. Tapi Alex pasti bakalan kaget kalau balik lagi ke tempat ini melihat kondisi pantai pink telah berubah menjadi kotor penuh sampah dan pasirnya yang kini tidak pink lagi.

Pantai pink yang kini sudah tidak pink
pantai pink punya diapit beberapa tebing yang bisa kamu naiiki ke atas seperti ini.

Tapi tenang aja, meski pasirnya udah enggak seperti yang diceritakan orang, kamu masih tetep bisa eksplor sekeliling pantai pink ini dengan berjalan kaki ke bukitnya. Menikmat hembusan angin, suara kerbau yang sedang merumput, dan kalau kamu mau berlama di tempat ini, silakan saksikan sunset yang kata orang sih cakep banget. Tapi sayang saat itu saya tidak bisa berlama-lama hingga sunset tiba, menginat sudah ada janji makan malam dengan kawan.

Gimana menurut kamu, itineray lombok day 2 ini apakah cukup menggugah selera jalan-jalan kamu? Mumpung bulan puasa, katanya sih tiket jadi murah-murah. Ya siapa tau kan kamu bisa mencoba hal baru seperti berpuasa saat traveling, kenapa enggak? Hihihi 😀

Iklan

16 pemikiran pada “Itinerary di lombok day two! Where to go in lombok ?

1. Kolam renangnya asik banget emang. Bayangin aja berenang pagi disini, ngeliatin rinjani yang masih ketutupan sama kabut. Lebih asik lagi kalau dapat sunrise 😀