Pantai di lombok yang wajib kamu datangi.


Sudah cukup lama orang mengenal pulau bali dan pulau lombok sebagai tempat tujuan mencari pantai-pantai yang bagus. Sampai sekarang kedua pulau tersebut bersaing sebagai primadona wisata wilayah timur pulau jawa, apalagi pulaunya bersebelahan.

Dua pulau ini memiliki karakter yang berbeda. Untuk kalian yang suka kehidupan gemerlap malam dengan kerasnya hingar-bingar musik disko juga pusat perbelanjaan bermerk, tentu bali akan menjadi pilihan. Tetapi ada sesuatu pada pulau lombok yang membuat rindu untuk dikunjungi kembali. Pantainya tenang dengan sedikit sekali resort dibanding di bali. Hiburan malam pun ala kadarnya saja. Masyarakat yang lebih menginginkan ketenangan akan memilih lombok sebagai tujuan wisatanya. Tapi keduanya indah dan layak dikunjungi kok.

Karena lombok adalah sebuah pulau yang tidak terlalu besar, cukup mudah untuk mengunjungi beberapa pantai di lombok sekaligus. Tapi ya jadinya gempor. Nah, menurut saya, sangat disarankan untuk memecah tujuannya dalam beberapa hari. Dapat disesuaikan dengan tujuan yang satu arah sehingga tidak membuang waktu untuk bolak- balik.

Saat ke lombok waktu itu saya menggunakan tour and travel yang mengatur semua keperluan beserta itinerary kami di lombok. Saya mempertimbangkan menggunakan travel karena cukup sulit untuk berkeliling lombok tanpa menggunakan kendaraan pribadi. Angkutan umum hampir tidak saya lihat selama di lombok. Belum lagi kalau nyasar di tengah perjalanan akibat sangat sedikitnya rambu-rambu yang memberikan arah ke tujuan pantai tersebut.

Nah, saya ingin berbagi itinerary yang saya dapatkan selama di lombok. Tapi saya tidak dapat memberikan arahnya karena jujur saja saya sangat buta akan lombok berhubung kali itu adalah yang pertama saya ke sana.

Di bawah ini adalah destinasi yang saya kunjungi selama di Lombok.

Day 1

Ketika ditanya hari pertama mau ke mana, saya memilih tema pantai. Destinasi pantai yang saya kunjungi di hari pertama itu cantik-cantik banget, kayak Dian sastro yang cantiknya alami. Bang supirnya bilang, pantai yang akan dikunjungi di hari pertama merupakan pantai dengan topografi yang unik dan berbeda. Masing-masing pantai tersebut punya keunikan tersendiri dengan karakter yang berbeda satu sama lain. Dengan ditemani supir kami, tujuan pertama adalah Pantai Selong Belanak.

– Pantai Selong Belanak

Jangan salah baca jadi sekong beranak ya. Ketika memasuki area pantai Selong Belanak, saya agak pesimis karena seperti biasa, selalu ada bagian penuh sampah manusia bodoh yang seenaknya membuang plastik-plastik bekas cemilan mereka. Hih gemes! Jujur aja ini mengurangi rasa kegembiraan dan ekspektasi yang pada akhirnya malah berujung kebahagiaan hehehe. Ternyata memasuki area pantai saya malah dibikin kagum luar biasa. Bukan karena mbak-mbak bule yang hanya mengenakan two pieces bikini, itu sih tinggal googling ya, tapi karena pasir putih bersih yang berkali-kali dijilat debur ombak biru. Luarrrr biasaaa!

Pantai selong belanak memiliki garis pantai yang panjang hingga bertemu dengan sebuah bukit batu diujungnya. Menurut supir kami, pantai selong belanak sering dijadikan tujuan untuk surfer pemula karena ombaknya yang ‘lembut’. Memang saat masuk bibir pantai sesekali saya mendengar,

“ Ayo bang, belajar surfingnya. Atau mau menyewa papan surfing saja?” yang saya bales dengan pandangan enggak-mau-ah-nanti-item .

pantai selong belanak pantai selong belanak

– Pantai Mawun

Dari pantai sepi satu ke pantai sepi lainnya. Dari pantai indah ke pantai indah lainnya. Begitu lah seterusnya kehidupan saya selama trip di lombok. Terkadang sampai nanya, hidup kok gini-gini amat ya.. enak banget gitu deh.

Pantai mawun berupa teluk yang diapit dua daratan serupa memeluk pantai. Lagi-lagi lombok memberikan saya kejutan dengan pasirnya yang putih bersih, airnya yang biru seolah memantul dari langit, anginnya yang sejuk dan segala macam hal yang membuat saya jatuh cinta. Dan yang paling penting pantai ini sepi. Hanya ada beberapa orang saja juga beberapa kios berjualan di area bibir pantai.

Mawun Beach
Mawun Beach
Mawun Beach
Mawun Beach

– Pantai Seger

Pantai ini menjadi salah satu pantai yang paling kece dalam itinerary. Kenapa kece? Jadi gini, pantai yang deketan sama kuta dan novotel ini bukan pantai yang biasa. Memang di sini hampir gabisa berenang-berenang cantik gitu sih karena banyak batu karang. Enggak mau juga lah berenang di sini yang ada pantat bocel-bocel.

pantai seger

Pantai Seger
Pantai Seger

Lantas ngapain dong di pantai seger?

Nah, di sekitaran pantai seger banyak sekali bukit-bukit yang ditutupi hijaunya rerumputan menjulang di sepanjang pantai. Ini yang bikin menarik. Kita jadi bisa memandang indahnya lombok dari atas bukit. Belum lagi pemandangan kerbau-kerbau yang mencari makan . Atau kalau niat bisa jalan agak jauh dikit ke pantai kuta novotel. Pasirnya bersih dan di sini sih bisa berenang tentu.

Selain nongkrongin langit dan panasnya matahari, coba deh ke atas bukit yang menjulang di antara pantai seger dan pantai kuta. You’ll see heaven on earth! Warna coklatnya pasir, hijaunya bukit, dan birunya langit bersatu dan ketiga elemen tersebut bikin lukisan yang indah banget dipandang mata. Masa sih masih enggak kepengen pergi ke lombok?

Seger beach
Seger beach

pantai seger pantai seger

Nah itulah itinerary lombok Day 1. Untuk day 2 nya silakan ditunggu kelanjutannya ya =D

Iklan

36 pemikiran pada “Pantai di lombok yang wajib kamu datangi.

      1. Kak, gue juga rencananya mau kesana bulan mei ini, boleh tau pake tour & travelnya apa? Harga per paxnya berapa? Soalnya bawa bocil. Hehe. Thanks

      1. aku belitung dah pernah,.. langsung jatuh cinta. kalo ksana lagi aku mau deh, itungannya murah klo ksana. ke weh minta referensi dong. kayanya lebaran mo ksana.. sama anakku kayanya. mo ngebolang ksana.

      2. kalau weh waktu it nyampe malem berangkat pagi , jadi ga sempet kemana mana hahahaha. pengen sih ke weh lagi. tapi susah nyari tiket murah ke acehnya.

  1. Fan, lo ke pantai pakai celana panjang ama baju lengan panjang…. gak gerah? gak pengin nyebur?
    Ntar kita ke Flores bareng siapin kostum yg sesuai ya…. *tsaaah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s