4 Tempat di Dieng yang wajib kamu kunjungi.


Hiking?

Hmm… sebagai orang yang enggak gunung-gunung banget kadang ajakan ini bisa saya tolak mentah-mentah. Bisa jadi karena males atau karena temen yang ngajak enggak begitu seru untuk jalan bareng. Tapi pada dasarnya (dasar emang murahan) saya sih mau diajak kemana aja. Jadi begitu temen bilang mau ke dieng saya langsung mengiyakan ajakan tersebut. Menuju ke dieng bisa lewat jalur darat alias naik mobil. waktu yang dihabiskan bisa dari malem sampe ketemu siang, kalau kata bahasa arabnya, seharian cyn!

Kalau saya sih lebih suka naik kereta, toh gak gitu mahal tiketnya dan bisa goleran tampan sembari ngecharge hape di kursi masing-masing. hooh, ini penting. Hal dasar bagi kebutuhan manusia zaman sekarang adalah handphone yang harus menyala plus ada sinyal yang bisa dipake internetan, insya Allah itu aja udah berysukur banget * kibas jilbab *

Kawasan dieng plateu ibaratnya one stop beautiful places. Enggak cuman satu tempat wisata alam, tapi banyak.. BANYAK BANGET! Dari mulai yang agak susah dijangkau kayak gunung prau sampai yang gampang dijangkau yaitu kawasan candi arjuna dan kegiatan ini cuman buat mereka yang punya #100persenMentalAlam. Nah, karena prau agak berat medannya dan candi arjuna justru malah terlalu gampang, akhirnya saya enggak kedua tempat tersebut * digampar *.

Jadi, enaknya kemana nih kalau cuman punya waktu weekend doang? Dengan senang hati saya mencoba memberikan 4 tempat yang bisa kamu datangi di dieng cukup dengan waktu 2 hari saja.

Dengan asumi:

  1. berangkat naik kereta hari sabtu pagi dari jakarta maka akan sampai purwokerto 6 jam kemudian di siang hari.
  2. Sesampainya di stasiun purwokerto, naik lagi kendaraan dengan jarak waktu tempuh purwokerto – dieng plateu 3 jam. Cukup lama memang, dari perjalanan dimulai dengan muka antusias sampe mumet bete dan bokong langsung lemes begitu tiba di dieng.

Setibanya di dieng, inilah tempat yang bisa kamu kunjungi :

  1. Gardu Pandang Tieng

Tempat yang tepat berada di atas desa Tieng ini menjadi tempat alternatif untuk melihat sunrise bagi mereka yang tidak sempat ke bukit sikunir. Akan tetapi, jika mengikuti asumsi ketibaan di sabtu siang, kamu tetap bisa menikmati sore hari di Gardu ini. Pemandangan dari gardu pandang menyediakan 360 derajat panorama keindahan dieng dan desa tieng dari atas yang terkadang ditutupi awan dan juga kabut. Tentu saja, buat yang niatnya melihat dan mencari kembang desa tieng dari atas Gardu Pandang bukanlah hal yang tepat, karena jauh cyn. Ada warung yang menjual cemilan dan minuman juga terkadang ada mamang-mamang bakso yang bisa kamu pesan dagangannya sambil kamu godain kedip-kedip sedikit, siapa tahu abis makan gausah bayar.

indahnya desa tinggi tieng dari gardu pandang
indahnya desa tinggi tieng dari gardu pandang
  1. Sunrise Di Bukit Sikunir.

Menikmati sunrise di bukit sikunir bisa jadi kegiatan yang cukup melelahkan. Saking terkenalnya tempat ini di dieng, menaiki bukit ini harus pake antri karena begitu padatnya. Medannya tidak terlalu sulit asal kuat jalan kaki. Bahkan banyak orang tua yang membawa serta anaknya untuk melihat dan menikmati sunrise dari atas bukit ini.

Bangun subuh buta adalah syarat supaya bisa mencapai bukit sikunir dan mendapatkan best spot di sana. Seperti yang saya bilang, saking ramainya yang datang, jalan pun harus antri dan terkadang berhenti cukup lama. Perjalanan juga bisa jadi sangat tidak menyenangkan dengan berisiknya mas dan mbak di sekitar perjalanan yang becandanya pake bahasa jawa. Sebagai orang sunda asli saya gak bisa ngerti percakapan mereka, di situ saya merasa sedih. Maka dari itu, tibalah sepagi mungkin supaya bisa jalan kaki ke atas tanpa perlu antri.

Bukit sikunir terkenal dengan golden sunrisenya. Dan ya… meskipun sempat terutup awan, perlahan semburat cahaya matahari yang kuning emas menyembul begitu indahnya. It was really amazing!! *tips: Bawa pasangan. Di bukit sikunir cukup dingin. (entahlah apa maksud tips ini )

sunrise dieng
menunggu sunrise
Golden sunrise
perlahan golden sunrise itu semakin naik
bukit sikunir
indahnya alam indonesia 🙂
bukit sikunir
menunggu sunrise ketika langit masih gelap dan emas nya matahari mulai naik
  1. Petak Sembilan Dieng (bukit sidengkeng)

Telaga warna dieng yang terkenal itu udah pada tau kan? Tapi saya akan merekomendasikan tempat yang tidak biasa untuk menikmatinya, yaitu dari Bukit Sidengkeng petak 9. Pintu masuk tempat ini berada tidak jauh dari pintu masuk telaga warna. Dari pintu masuk saja, tempat ini sudah menarik. Sampai jarak tertentu, jalanan sudah dirapihkan dan disemen. Bagian pinggir jalanan ini ditanami pepohonan berbagai macam jenis dan diberi papan yang memberi keterangan nama tanaman tersebut. Trekking ke atas cukup melelahkan. Mulai di tengah perjalanan ketinggian sedikit curam, kalau lelah kamu bisa istirahat di bagian pinggir tebing dengan pemandangan sempurna dari telaga warna dieng. Tapi jangan terlena bung, perjalanan menuju ke puncak bukit harus tetap dijalani. Seharusnya, waktu tempuh ke atas tidak lebih dari 30 menit, tergantung seberapa lama kamu mau istirahat di perjalanan.

istirahat sejenak sebelum puncak
istirahat sejenak sebelum puncak

Nah, inilah betapa menakjubkannya dieng dari atas. Ngiler dulu aja enggak apa-apa kok liatin cakepnya pemandangan ini. Saya doakan mudah-mudahan punya waktu untuk segara menyambangi tempat ini.

bukit sidengkeng
keindahan alam indonesia yang bikin kita #100persenMentalAlam
Petak 9 bukit sidengkeng
🙂 #NocaptionNeeded

*tips: gunakan alas kaki yang nyaman. Bawa minuman karena di puncak tidak ada yang berjualan.

  1. Kawah Sikidang

Tempat ini akan menjadi perhentian terakhir kalau kamu ikut itinerary yang saya susun. Sebetulnya cukup sih kalau mau ke tempat lain seperti candi arjuna. Tergantung jadwal kepulangan, apabila waktu yang dimiliki masih banyak, silakan langsung menuju ke candi arjuna. Kawah Sikidang adalah kawah vulkanik seluas kira kira 200 meter persegi.

ngetem dulu ah di sini sambil foto foto
ngetem dulu ah di sini sambil foto foto
panasnya tempat ini :D
panasnya tempat ini 😀

Letaknya datar sehingga wisatawan dapat melihat secara jelas Kawah Sikidang ini. Selain melihat objek wisata kawah, di sini ada aktivitas cukup menyenangkan seperti menaiki atv, kalau kamu beruntung ada gelaran tarian yang bisa ditonton.

Jangan lupa untuk mencoba membeli telor yang direbus langsung di air panas alami sekitar dieng. Bau belerang sedikit tercium ketika kamu membuka cangkang telur, tapi rasanya tetap enak kok.

#100persenMentalAlam telor rebus dari air panas alami.
#100persenMentalAlam
telor rebus dari air panas alami.

Itulah 4 tempat yang bisa kamu datangi di ketika menyambangi Dieng. Sebenarnya masih banyak tempat wisata lain di sekitar Dieng plateu yang dapat dikunjungi. Tapi tentu saja, saya hanya menceritakan tempat yang udah saya kunjungi. Gimana, kalau kita bikin rencana bareng-bareng ke sana aja, yuk!??

Iklan

8 pemikiran pada “4 Tempat di Dieng yang wajib kamu kunjungi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s