Gadget: Pentingnya chip processor snapdragon dalam smartphone !


“Prosesornya apa? RAM nya berapa?”

saat itu saya melongo mendapati teman saya bertanya hal yang cukup teknis ketika saya mencoba merekomendasikan sebuah smartphone terbaru dari OPPO yaitu OPPO N3. Pertanyaan ini membuat

oppo N3 salah satu smartphone yang dibekali chipset dari Qualcomm
oppo N3 salah satu smartphone yang dibekali chipset dari Qualcomm

saya sadar bahwa ternyata pembeli jaman sekarang begitu kritis terhadap smartphone yang akan mereka beli. Saya pikir, dulu kamera menjadi yang paling utama sebagai pertimbangaan seseorang saat membeli sebuah smartphone tapi nyatanya zaman sudah berubah.

“Eh kok nanyain soal processor sih? Yang penting kan kamera, OPPO N3 ini kameranya bisa diputer sampai 206 derajat loh”, saya mencoba bertanya alasan dia concern dengan chipset.

lalu dia menjawab dengan lantang, ” Jadi gini, percuma lo punya hp dengan kamera bagus kalau auto focus nya aja lelet, batrenya cepet habis, multi-tasking nya enggak smooth, dan setiap buka aplikasi berat atau main game devicenya jadi cepet panas. Dan menurut gue penggunaan chipset dengan processor yang mumpuni itu wajib!”

saya rasa alasan yang dikemukakan teman saya tersebut amat sangat krusial untuk menjadi pertimbangan ketika membeli sebuah smartphone. Apakah sistemnya lelet? apakah batrenya cepat habis? dan pertanyaan kecil lain yang apabila tidak diperhatikan akan menjadi cukup menganggu. Saya baca kembali spesifikasi yang dimiliki smartphone yang saya rekomendasikan tersebut, OPPO N3 disenjatai dengan Chip Processor dari perusahaan terkemuka yaitu Qualcomm dan chipset yang ditanamkan juga salah satu dari jajaran chip terbaru yaitu Qualcomm Snapdragon 801. Berarti chipset tidak menjadi masalah untuk membeli smartphone ini, apalagi yang saya tau chipset dari Qualcomm telah digunakan di hampir semua device dari produsen terkemuka dan terbaik di dunia.

Qualcomm dapat dibilang sebagai perusahaan chipset yang paling unggul saat ini bahkan mereka sudah mengembangkan chipset yang dapat digunakan untuk sebuah smartcar. Chipset yang akan menjadi tumpuan dan otak bagi perkembangan mobil-mobil pintar di kemudian hari. Chipset ini akan membuat mobil seberat 1500 Kg seolah smartphone berjalan yang dapat kamu kendarai. Terlihat, qualcomm telah memfokuskan segala upaya dalam mengerahkan berbagai inovasi dalam industri mobile dan nirkabel.

smart car by qualcomm
smart car by qualcomm

Seperti yang saya baca di website mereka ini, Qualcomm snapdragon memiliki 4 varian chipset yaitu seri Snapdragon 800, 600, 400 dan 200. Sedangkan yang digunakan oleh OPPO N3 sendiri adalah seri Qualcomm Snapdragon 800 tepatnya versi Snapdragon 801. Kira-kira apa aja sih fitu keren dari snapdragon 801?

Seri chipset ini merupakan seri premium dari seri lain yang dimiliki Qualcomm. Snapdragon 801 dirancang untuk bisa mengambil foto dengan lebih tajam, belum lagi kemampuan chipset ini untuk memainkan game 3 dimensi dengan lebih halus dan mengesankan. Smartphone yang menggunakan chipset seri ini juga akan memiliki performa yang meningkat, kemampuan batre pun akan ter-manage dengan baik sehingga efisiensi akan membuat batre lebih tahan lama.

Fitur-fitur dari chipset snapdragon 801 yang layak diketahui adalah:

– Chipset ini sudah mendukung konektivitas yang cepat yaitu 4G/LTE. Rasa-rasanya fitur ini penting sekali karena beberapa operator sudah mulai meremajakan koneksinya dengan teknologi ini.

-Snapdragon 801 dapat mendukung kamera ponsel paling kuat dengan tekologi khusus untuk memungkinkan lebih banyak megapixel, autofocus lebih cepat dan terbaik dalam fotografi degan cahaya yang minim.

– dapat menampung 4K video. Kemampuan ini belum banyak dimiliki oleh smartphone ataupun tablet. Kebanyakan gadget tersebut tidak mengenali file 4K sehingga akan terbaca sebagai unknown file atau bahkan file error.

– Pengolahan suara dari smartphone yang ditanamkan chipset Snapdragon dari Qualcomm akan memberikan suara berkualitas bioskop untuk video dan musik. Terutama jika didengarkan dengan speaker khusus dan atau earphone.

Nah, dalam Oppo N3 sendiri dipersenjatai dengan processor Quad-core Krait 400 berlaju 2.3 GHz dari chipset Qualcomm Snapdragon 801. Selain itu akan ditunjang dengan pengolah grafis dari Adreno 330. Performa Oppo N3 akan diimbangi dengan RAM 2 GB sehingga handal dalam memproses multitasking. Sementara sistem operasi yang dijalankan adalah Android OS v4.4.2 KitKat. Keseluruhan performa yang dimiliki Oppo N3 ini cukup responsif dan powerfull dong tentunya dan pasti akan memiliki fitur-fitur seperti yang disebutkan sebelumnya.

Key features dalam Snapdragon sendiri bisa kamu lihat di sini

ini key spesification dari produknya snapdragon
ini key spesification dari produknya snapdragon
Key features snapdragon
Key features snapdragon

Jadi, mulai dari sekarang, cari tau terlebih dahulu apa merk dan tipe dari Chipset processor yang tertanam dalam gadget sebelum membeli. Lebih aman tentunya menjadi konsumer kritis daripada menyesal setelah membeli.

setuju?

Iklan

2 pemikiran pada “Gadget: Pentingnya chip processor snapdragon dalam smartphone !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s