Tiga tempat di Bali ini wajib kamu kunjungi !!


Kalau udah bosen ke pantai, where will you go in bali?

Tiap ke bali semua orang pasti punya rencana menikmati sunset di pantai (dan menikmati bikini) , berjemur di pantai (dan liatin yang pake bikini) , sunrise di pantai (dan godain yang pake biki… *ditampar*), ngebeer plus menikmati malam di sisi pantai, semuanya tentang pantai tanpa tau kalau bali punya segudang hal yang lain.

“Terus fan, kalau enggak ke pantai ke mana dong? kan lebih asik liatin birunya laut, suara deburan ombak, dan itu daya tarik bali. terus?”

Selow dulu..

Jadi gini, saya bakal list beberapa tempat selain pantai yang wajib dikunjungi di bali, tapi janji ya bacanya sambil mikirin akuh *muntah*.

  1. Campuhan hill

Pernah denger ubud? Buat saya ubud itu magical banget. Tempatnya adem, enggak berisik, makanan melimpah, bulenya banyak, kan siapa tau ada bule khilaf yang nyantol. Tapi tunggu, bukan itu alasan untuk mencintai ubud karena tempat ini bakalan kasih kamu suasana yang berbeda. Tempat ini udah didominasi sama bule, entah itu di pinggir jalan, dalam villa, juga menyebar sampai ke seluruh penjuru kafe. Asli deh, kalau jalan di ubud itu kayak bukan di indonesia saking perbandingan wisatawan asing yang lebih banyak di banding lokal.

Kalau kamu lagi di bali coba deh tanya tentang campuhan, tempat tersembunyi ini belum banyak diketahui wisawatan lokal kita, emang sih di tempat situ gada yang jualan apa-apa. But this place is worth to visit!! Bukit yang tidak terlalu tinggi ini biasa dipake orang buat jalan santai ataupun jogging dan bisa juga dipake buat sepedaan meski enggak saya sarankan. Berdasarkan pengalaman saya sendiri, bersepeda ke tempat ini malah bikin sesek napas. Awalnya sih saya gaya banget, posting di path dan social media lain ngasih tau kalau nih ifan lagi sepedaan mau ke campuhan dan terus sampe puncaknya muka malah pucet dan kehabisan nafas, keringet ngalir di mana-mana, ya ampun belangsak banget. Jalurnya enggak rata karena ada jalan yang isinya tangga semua, ya otomatis dong saya kudu nenteng sepeda sampai ke atas. Bukannya enjoy, malah menderita. fyuhh..

Biking di campuhan hill itu menyenangkan
a
meskipun capek tapi menyenangkan

Paling asik ke sini di pagi hari atau sore menjelang magrib. cuacanya enak banget, angin sepoi sepoi menyentuh pipi yang udah lama gada tangan membelai ini. Pemandangan hijau menyeruak ke mata sampai rasa capek hilang begitu aja. Ini bikin saya merasa bahwa saya udah #100PersenMentalAlam ! Asik ya 🙂

  1. Gunung Batur

Sebagai anak yang #100PersenMentalAlam , belum sempurna kalau belum naik gunung. Meskipun tingginya enggak begitu wow, tapi jangan anggap remeh karena trek nya termasuk yang paling bikin capek. Butuh waktu hampir 4 jam buat saya sampai ke atas . pertama karena capek banget dan kurang tidur jadi beberapa kali berhenti untuk istirahat, kedua karena nungguin temen yang lain biar barengan sampe atas. Gak seru dong kalau berangkat bareng tapi nyampe atas nya misah. Rasanya kayak pacaran udah lama terus harus pisah karena beda agama , EH INI KENAPA CURHAT!!

Trekking di gunung batur memerlukan kesabaran layaknya trekking atau hiking ke gunung lainnya. Saat itu saya dan temen mulai naik dari jam setengah 3 supaya sempat lihat sunrise. Jalanan diawali dengan landai sampai akhirnya sesak napas begitu trek mulai naik. Sebetulnya bisa naik motor hingga ke ujung jalan terakhir yang masih beraspal. Entahlah, saya sepertinya salah berkerumun dengan orang-orang yang tenaganya luar biasa dan betis seperti kuda. Merasa getir melihat mereka masih gagah sementara saya kepayahan.

gunung batur
freedom is here #100PersenMentalAlam
gunung batur
tetep harus gaya di alam bebas

c

Oiya, tips sebeum naik pastikan dulu cuaca cerah karena jalanan yang penuh tanah dan batu akan semakin sulit dilalui kalau hujan. Dan kemungkinan mendapatkan sunrise yang indah pun akan terlewatkan seperti saat saya ke sana dan langit tertutup awan mendung. Tapi saya tidak merasa sia-sia naik ke atas guung batur karena pemandangan yang didapatkan setara dengan penderitaan selama lebih dari 3 jam trekking! Hijaunya bukit-bukit, tenangnya danau batur, sejuknya udara, sungguh memberikan kenangan tersendiri. You definitely have to come here!

  1. Munduk wilderness

Baik di Bali ataupun di tempat lain Pernah nyoba naik kendaraan 4 wheel drive macam ini gak? Ini namanya Vin.

g f

RASANYA ASIK! Adrenaline seakan diajak lari lebih kenceng dari biasanya. Dan saat itu, saya harus menyetir kendaraan ini sendiri. rasanya gila banget dengan jalanan penuh batu, jurang di kanan dan kiri serta setir yang terasa berat. Tapi toh nyatanya menyetir kendaraan sepert inii amat terasa menyenangkan. Meski terlihat enggak nyaman, tapi ya jangan menilai rasa sebelum mencoba kan?

Dan di tempat munduk ini juga kamu bisa ngafe-ngafe ganteng di restorannya yang punya konsep alfresco dining. Pemandangannya? MENAKJUBKAN! paling cocok datang pas sunset sih.

ngopi sore guys?
ngopi sore guys?

Dengan ikut tour dari Muduk wilderness, kita akan diajak trekking yang berakhir di sebuah air terjun dengan lokasi cukup remote dan kita diperbolehkan mandi di air terjun tersebut. so refreshing! Saat itu saya enggak mandi dan hanya lirik kanan kiri nyariin selendang bidadari. Makan siang pun tidak perlu khawatir, mereka menyediakan makanan yang super enak !

Pelangi di air terjun :D
Pelangi di air terjun 😀

Jadi sekarang udah tau kan kalau bali bukan hanya tentang pantai? Kira-kira dari ketiga tempat tersebut yang mana yang paling bikin kamu #100persenMentalAlam ?

Iklan

12 pemikiran pada “Tiga tempat di Bali ini wajib kamu kunjungi !!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s