Pantai Lampu’uk Aceh Besar


“Kita punya sisa 5 jam di aceh, harus ke mana?” Tanya saya kepada teman.

“Coba ke sini fan. Enggak jauh dari kota, sekitar 30 menit sampai” , lalu dia mengirimkan beberapa foto sebagai bukti bahwa keindahannya tersebut memang nyata. Dan saya memutuskan untuk menghabiskan sisa waktu di aceh dengan pergi ke pantai Lampuuk, sebuah pantai di daerah lhoknga, Aceh Besar.

Saya ditemani supir kantor cabang banda aceh. Tentu, sebelum memutuskan pergi ke Lampuuk, alangkah baiknya bertanya kesediaan pak supir untuk membawa saya ke pantai tersebut. Beruntung, beliau tidak merasa bermasalah untuk menyupiri hingga pantai Lampuuk.

Sesuai dengan informasi teman saya, kami sampai di lampuuk dalam waktu 30 menit saja, dengan ditemani pemandangan bukit-bukit, ilalang yang masih hijau, dan pohon-pohon asri, bahkan ada pohon pinus menghiasi tempat parkir di pantai Lampuuk. Saya pribadi, belum pernah melihat pinus di pinggir pantai. Kalau di daerah perbukitan sih wis biasa ya. Tapi, sebenarnya pinus ini pohon yang identik dengan dataran tinggi gak sih?

Pemandangan saat masuk Pantai Lampu'uk
Pemandangan saat masuk Pantai Lampu’uk
Pohon Pinus diantara pasir pantai Lampuuk
Pohon Pinus diantara pasir pantai Lampuuk

Kembali ke pantai lampuuk, pantai ini punya garis pantai yang panjang, cukup panjang untuk ditelusuri dengan berjalan kaki. Saat menginjakan kaki dan melihat sekeliling, saya merasa pedagang dan pengunjung pantai ini sudah mengerti dan beradab dibanding para pengunjung pantai di pulau jawa (tentu tidak semua pantai di pulau jawa) . Pasir pantai di sini bersih, pedagangnya tertata rapih dengan gazebo berjajar di pinggir , sekali lagi, rapih.
Apa susahnya sih bagi para pengunjung pantai untuk menjaga kebersihan ? Kan demi kenyamanan kita juga. Iya kan? IYAA KANNN?? *dilempar botol*

Bersihnya Pasir Pantai Lampuuk
Bersihnya Pasir Pantai Lampuuk

Ada pemandangan keren yang bisa dilihat dari lampuuk. Bagian ujung dari pantai ini terdapat sebuah tebing. Saat berencana berjalan kaki ke sana, kok baru sadar bagian tersebut jauh sekali untuk dilalui dengan berjalan kaki, tentu tidak sejauh pelaminan, tapi akhirnya saya kembali ke mobil dan langsung menuju ke bagian ujung lampu’uk yang bernama Pantai Tebing Lampu’uk.

Begitu masuk area pantai tebing lampu’uk kita akan disambut oleh beberapa kamar yang menempel pada pinggiran tebing batu dan juga sebuah lake house dengan jembatan kayu yang manis. Sayang sekali saya ke sini bersama supir kantor, bukan dengan kekasih. Apa dadakan nyari pasangan di sini aja ya? * kemudian dicambuk polisi syariah *.

gazebo di tepi pantai
gazebo di tepi pantai
berfoto di lake house yang saya sebutkan tadi.
berfoto di lake house yang saya sebutkan tadi.

Pantai Tebing Lampu’uk menurut saya menakjubkan sekali. Kenapa? Karena pantai ini memiliki tebing batu, laguna, padang rumput, bukit-bukit dan pantai sekaligus dalam satu area. Banda Aceh harus berbangga punya tempat seperti ini. Apalagi setelah sempat dihantam tsunami, tempat ini dapat menjadi daya tarik wisatawan yang kalau ke aceh, pasti berpikirnya langsung menyebrang ke sabang. Kegiatan yang dapat dilakukan di sini selain menikmati keindahan alam adalah makan seafood dan minum es kelapa muda. Jangan pacaran ya, kalian bisa ditangkap polisi syariah kalau ketahuan. Pacarannya cukup via sms aja meski tangan sebenarnya sanggup untuk saling berdekapan #halah.

pardon my selfie
pardon my selfie
saking luasnya area pasir pantai udah seperti padang pasir
saking luasnya area pasir pantai udah seperti padang pasir
the stunning pantai tebing lampu'uk
the stunning pantai tebing lampu’uk

Menurut saya cukup murah dan tidak memakan banyak waktu bepergian ke Pantai lampuuk dan tebing lampuuk. Terus ceritakan tentang keindahannya ya kalau mampir-mampir ke sini. Dunia berhak tahu bahwa aceh, lebih dari sekedar pulau sabang.

traveling is the only thing you buy that makes you richer – anonymous

Iklan

13 pemikiran pada “Pantai Lampu’uk Aceh Besar

  1. Kirain judulnya salah, ternyata URL-nya yg salah, tertulis Aceh Barat. Hehehe..

    Pantai Lampuuk memang pantai favorit warga Banda Aceh dan sekitarnya itu. Kalau akhir pekan pasti ramai banget

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s