NXTrip Medan : soal perut, Keindahan alam, dan fotografi.


Senang rasanya bisa menapakan kaki di propinsi ketiga di sumatera yang pernah saya kunjungi. Sebelumnya, lampung dan aceh adalah dua propinsi yang lebih dahulu memberi kesan bagi perjalanan saya.

Kesempatan berkunjung ke Sumatera Utara ini berawal dari ajakan tim Samsung Smart Camera yang berencana mengajak happy user nya untuk jalan-jalan menikmati alam, kuliner, sambil memanfaatkan kamera mereka. Dan saya adalah salah satu yang beruntung untuk diajak. Nah, makanya, segera beli kamera Samsung smart camera NX Series, lalu tunjukan melalui social media bahwa kamu adalah seorang NX Happy User. Siapa tau kamu yang akan diajak pergi untuk trip berikutnya. Saya sendiri menggunakan NX30 dan NX3000. Kedua Smart Camera ini telah menjadi teman perjalanan dari tempat wisata ke tempat wisata. NX3000 sendiri merupakan produk terbaru Samsung Camera untuk mirrorless entry level. Sangat direkomendasikan bagi para light traveler yang ingin mendapatkan hasil foto bagus tanpa perlu membawa DSLR yang berat.

Oiya, Trip ini juga bekerja sama dengan Air Asia Indonesia yang memang selalu menjadi airline budget favorit saya. Sebutlah, hongkong, kuala lumpur, singapore, macau, bangkok, bali, surabaya, pernah menjadi destinasi yang saya kunjungi dengan mengandalkan tiket promosi dari Air Asia yang memang sangat murah. Belum lagi fasilitas web check in yang dapat diandalkan dan fasilitas self check-in di bandara membuat para penumpang tidak perlu repot mengantri di check in counter. Keren kan?

SAMSUNG CSC
Air Asia In Flight Meal Taken With NX30

Air asia juga punya inflight meal dengan berbagai masakan yang bisa dipesan terlebih dulu secara online (Pre-book) atau langsung membelinya di tempat. Akan tetapi pelanggan yang telah membeli makanan secara pre-book akan dijadikan prioritas sehingga yang akan membeli di tempat harus menunggu sampai semua selesai, profesional ya?

Kembali ke perjalanan saya, daerah di Sumatera Utara yang akan dikunjungi adalah Medan, Pematang siantar, dan juga Pulau Samosir di Danau Toba. Untuk yang belum pernah ke sana, saya akan membuat sebuah list tempat apa saja yang asik dikunjungi di Sumatera Utara apabila hanya memiliki waktu 3 hari 2 malam saja.

Yuk!!

  1. Kuala namu dan Airport Train

Meski bukan tempat wisata, tapi keindahan arsitektur, design interior, dan kebersihan bandara Kuala Namu sangat menarik untuk membuat kita hanya sekedar melihat dan berkeliling-keliling. Bandara ini bernuansa futuristik. Cukup mirip dengan New KLIA 2 airport di Kuala Lumpur loh. Hanya saja, KLIA 2 sudah memiliki banyak tenant yang berisi tempat makan dan shopping area.

Airport Train Kuala Namu menjadi yang pertama dibangun secara modern dan profesional di Indonesia. Saat pertama kali menginjakan kaki di bagian pembelian tiket. Saya merasa sedang berada di hongkong airport train station versi lebih kecil. Hihihi. So clean and neat. Kereta bandara tersedia setiap 30 menit sekali dengan waktu tempuh dari bandara ke medan selama 45 menit. Harga dari airport train ini untuk sekali jalan adalah Rp. 80.000,-

lorong sebelum memasuki kereta (taken with nx3000 )
lorong sebelum memasuki kereta (taken with nx3000 )
ini dia bentuk dalam kereta. Rapih dan modern.
ini dia bentuk dalam kereta. Rapih dan modern.
bagian ticketing nya keren ya. Teringat sama interior suatu gedung di singapore. Gedung apa coba?
bagian ticketing nya keren ya. Teringat sama interior suatu gedung di singapore. Gedung apa coba? (taken with NX3000 )
  1. Mixed and Grilled restaurant

Sebelum jalan-jalan tentu wajib makan siang terlebih dahulu. Meski telah menghabiskan seporsi nasi lemak di dalam penerbangan Air Asia, perut serasa belum puas jika belum makan masakan di medan. Dan inilah the famous kepala ikan yang serentak dihabiskan oleh para NX Happy Users. Jangan sampai ngiler ya!

  1. Istana Maimun

 Setelah kenyang dengan makanan enak, kami langsung menuju Istana maimun karena    hari telah terlalu sore. Istana ini dibangun dengan nuansa melayu muslim yang kental. Raja terakhir yang masih muda sekarang sedang berkuliah di makassar. Istana didominasi dengan warna kuning yang sedap dipandang mata.

  1. M & R Resto

Malam hari setelah check in dari hotel kami makan di restaurant chinesse kuno yang bernama M & R. Nuansanya sangat homey dan kental dengan china kuno. Begitupun makananya, begitu tradisional. Yang paling enak sih daging rusa dengan bumbu lada hitam. Rasa dagingnya halus dan saya suka, lagipula ini bukan pertama kalinya saya makin daging rusa. Sebelumnya saat ke Aceh, saya makan Mie Aceh goreng dengan daging rusa yang dicampur dengan daging gurita. Dan rasanya? SUPER SEKALI!

  1. Ucok

Ada yang bilang ke Medan belum sah kalau belum makan durian. Merasa tertantang akhirnya kami langsung menuju durian ucok dan langsung disapa oleh bebauan khas durian dan buah ini terlihat menumpuk seperti gunung di warung durian ucok ini. Rasa duriannya manis dan ada juga yang manis menuju pahit. Nah, Katanya sih yang manis menuju pahit ini justru yang paling dicari oleh para pelanggan loh. Aneh ya? Hihihi.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Tapi ingat, meskipun enak, jangan sampai kamu terlalu banyak makan, karena bisa-bisa kamu mabuk durian.

Hari Kedua

Hari kedua kami langsung menuju ke danau toba dan berangkat ke samosir melalui pelabuhan parapat menaiki travel yang bernama horas tour. Dan seperti yang kita tahu, sopir-sopir medan sudah terkenal dengan “keberanian” mereka. It was one heck of a ride. Ya tapi, berhubung badan rasanya udah capek banget mending dibawa tidur.

Perjalanan dari pelabuhan parapat menuju ke samosir tidak terlalu lama. Apalagi sambil menikmati indahnya bukit yang mengelilingi danau toba, luasnya air danau yang memantulkan sinar-sinar matahari meski tertutup awan mendung. Begitu indah sekali.

Boat Dari Tolledo inn
Boat Dari Tolledo inn
tolong, jangan panggil saya keenan pearce. Kami tidak mirip.
tolong, jangan panggil saya keenan pearce. Kami tidak mirip.
Pemandangan Danau Toba dari atas (taken with NX3000 )
Pemandangan Danau Toba dari atas (taken with NX3000 )
Tenangnya pemandangan Danau Toba dari Kamar (taken with NX30 )
Tenangnya pemandangan Danau Toba dari Kamar (taken with NX30 )
Suasana Kamar di Pagi Hari  (taken with NX30 )
Suasana Kamar di Pagi Hari (taken with NX30 )

Kami dijemput oleh boat dari toledo inn. Hanya kami, terasa begitu private.

Toledo inn sendiri merupakan penginapan di tepi samosir dengan pemandangan danau toba yang luas. Indah sekali bangun pagi dengan melihat hamparan air danau toba yang begitu tenang. Lalu tiba-tiba..

“Berenang di danau toba! Berani?” – Ujar Kadek Arini. Teman trip saya saat itu.

“Siapa takut. Enggak ada buaya kan? Lagian, kan yang buaya itu gue”

–kemudian hening—

 Sebelum keheningan di kamar saya yang saat itu sepi berubah menjadi kekhilafan, akhirnya kami bergegas menuju pesisir depan restaurant Toledo Inn yang memang dikhususkan untuk berenang. Tidak ada yang menjaga karena sepenuhnya tanggung jawab ada di tangan kami. Kecuali berenang di lautan asmara, mungkin mereka akan lebih peduli.

Nikmatnya berenang di alam liar #halah
Nikmatnya berenang di alam liar #halah

Airnya begitu dingin karena posisi danau toba cukup tinggi di atas permukaan laut. Oleh karena itu kami tidak berenang berlama-lama khawatir masuk angin.

 Satu hal yang patut dicatat, daripada makan di restaurant Toledo Inn, cobalah untuk sedikit berkeliling melalui belakang hotel karena berjajar cafe-cafe orang medan dengan masakan khas samosir yang dimasak secara luar biasa enak. Yang agak aneh, banyak plang cafe dituliskan dengan bahasa belanda. Selain dari cafe ada juga tempat dugem, berupa bar sederhana dengan musik menghentak keras, ada juga tempat bermain billiard dan karoke sederhana dengan tarif Rp. 70.000,- per jam. Semahal inul vista ya?

Anyway, jangan dibayangkan jalan dan cafe-cafe di samosir seramai seminyak atau legian. Jalanan di sini SANGAT SEPI, dengan sedikit motor dan mobil lalu-lalang. Kalau saya sih suka dengan tempat sepi seperti ini, apalagi ditemani segelas bir dan musik dari cafe yang memainkan musik-musik soul dan jazz. Mereka punya selera yang bagus.

                Wisata Kopi

                Selain makanan, sumatera terkenal dengan kopinya. Hal yang wajib untuk menikmati kopi di medan beserta roti-roti bakar yang mereka jajakan. Berikut warung kopi yang sempat saya datangi:

  1. Repvblik Kopi

Coffeeshop dengan bangunan tua belanda yang tidak terlalu luas ini punya kesan sederhana tapi juga mewah. Mewah di sini bukan dalam artian bangunannnya meriah, akan tetapi elegan dan berkesan mahal.

Repvblik kopi menyediakan berbagai macam kopi, baik kopi hitam maupun kopi semacam latte, kopi raisin, dan lain-lain.

  1. Kok Tong

Warung kopi ini telah berdiri dari Tahun 1925 dan bertahan hingga hari ini. Kopi ini ramai sekali dikunjungi pelanggan. Kedai Kopi Kok Tong berada di Kota Pematang Siantar. Ada hal yang aneh saat saya mengunjungi pematang siantar, karena saya malah merasakan ambience kota bandung di sini. Bangunan tua berjajar dengan jalan yang tidak terlalu besar. Lalu cuaca teduh yang semakin membuat pematang siantar seperti duplikat bandung yang sempurna. Kota yang cantik, sungguh.

                Jujur saja, saya tidak berekspektasi terlalu tinggi pada medan yang justru kotanya malah bikin kangen. Entah itu makanannya, Bangunan-bangunan tuanya, atau kopinya, semua terasa menyenangkan.

Terima kasih Samsung Indonesia dan Air Asia Indonesia yang membuat perjalanan ini menjadi sangat menyenangkan. See you next trip

NOTE: Foto-foto diambil dengan Samsung Camera NX3000 dan NX30.

GIVEAWAY:

Ada giveaway oleh-oleh seru nih buat para penyuka kopi. untuk 2 pemenang akan mendapatkan masing-masing 5 sachet kopi celup medan. Caranya gampang, di antara tempat yang disebutkan di atas, mana yang paling ingin dikunjungi dan apa alasannya?

Kopi Celup ini daku beli di pematang siantar
Kopi Celup ini daku beli di pematang siantar
ini dia kantungnya pada saat diseduh
ini dia kantungnya pada saat diseduh
Kopinya hitam, wanginya enak, dan manisnya pas
Kopinya hitam, wanginya enak, dan manisnya pas

Kontes ditutup 7 nopember ya 😀

Iklan

23 pemikiran pada “NXTrip Medan : soal perut, Keindahan alam, dan fotografi.

  1. Aku pengen ke Tobaaa.. nampak menenangkan. Dan kayaknya seru banget jalan-jalan di situ sambil explore di kedai dan kafe-kafe di belakangnya. Sendirian seru sih. Tapi kayaknya lebih kece lagi kalo ada yang nemenin. Biar boboknya gak sendirian. :’)

    (((KEHENINGAN BERUBAH MENJADI KEKHILAFAN)))

    1. Tinggal di klik aja mbak. Soalnya kalau semuanya di full width, aku takut malah ngeganggu bacaannya . Karena sisanya yg full width udah kebanyakan. Coba deh di klik, foto fotonya asik asik kok 😀

  2. Dinas udah malah fan, pas kamu balik banget haha Tapi cuma sempet ke Titi Bobrok, Wajir Seafood, sama Merdeka Walk (dahareun hungkul) 😛 Makanya masi penasaran ama Maimoon..hiks cedih 😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s