Crystal Cave – A hidden Gem in Kupang.


Saya tidak banyak mengetahui tentang indonesia bagian timur. Tiket pesawat yang relatif mahal membuat saya menyimpan indonesia bagian timur di dalam “the least wanted destinasion i should visit before i die” .
Mungkin komodo dan raja ampat adalah yang paling terkenal, padahal masih banyak tempat yang tak kalah indah dan eksotis untuk disandingkan dengan wisata indonesia timur lainnya.
Tugas kantor, memberikan saya kesempatan untuk berkunjung ke kupang, ibu kota dari nusa tenggara timur.
Untuk bahasan pertama tentang NTT ini adalah goa kristal atau crystal cave yang berada tidak jauh dari Kantor Pelayanan Pabean dan Cukai Tipe Madya Pabean Kupang yang berada di wilayah pelabuhan Tenau. Kantor yang berada di tepi sisi laut ini menjadi spot yang pas untuk melihat sunset yang tenggelam di sisi selatan pulau semau. Spot sunset di kantor ini sungguh menakjubkan.

Kembali kepada judul tulisan ini, sehari sebelum menuju kupang, saya baru mulai browsing tentang tempat wisata apa saja yang bisa saya datangi dekat daerah kupang. Hasilnya? Saya dibuat pusing karena jumlah destinasi yang cukup banyak, akan tetapi satu tempat menarik perhatian dan langsung saya masukan dalam list yaitu crystal cave.

Saking indahnya tempat ini, saya justru pengennya tempat ini enggak dikunjungi terlalu banyak orang. Takutnya kelak air tersebut tidak sejernih ini lagi, karena setau saya tempat seperti ini langka di indonesia, yaitu goa dengan mata air yang tidak kering di dalamnya. Saya sempat bertanya kepada polisi air yang menjadi guide saya saat itu. Apakah saya boleh mandi di sana, ternyata boleh dan akhirnya saya tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Kapan lagi coba main ke kupang dan berenang di surga dunia ini?

Saat itu, perjalanan menuju Crystal Cave harus terpaksa ditemani seorang guide dan temannya karena tidak ada signboard sama sekali menuju tempat ini. Untuk yang berniat sendirian, hati-hati tersasar. Maklum, pemerintah kupang belum terlalu berani tampaknya untuk berinvestasi secara-besar-besaran di ranah pariwisata. Padahal potensi yang dimiliki sangat besar.

Tempat wisata dikupang tidak terlalu jauh antara satu tempat dan tempat lain. Malah boleh dibilang, hampir seisi kota adalah tempat wisata. Banyak bertebaran padang savana, rumah tradisional, garis pantai yang panjang, laut yang jernih. It’s like a one stop entertainment. Untuk pantai, akan saya bahas di postingan lain.

Kalau ada waktu dan uang lebih, silakan berkunjung ke timur indonesia. Selamat menjelajah !

Iklan

5 pemikiran pada “Crystal Cave – A hidden Gem in Kupang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s