Muda Rasa Tua


Suatu pagi, daku menemukan kaki kanan tiba-tiba bengkak. Rasanya sakit bukan main. Kesulitan berjalan, kesulitan pipis ke toilet, dan kesulitan pup *ini penting diceritain* karena mengira keseleo, siang hari daku pergi ke tempat terapi urut depan kantor. Ya berhubung bengkak, di urut, ya rasanya sakit banget. Teriak menggelinjang gak karuan. Eh, Kelar dipijit bukannya baikan rasanya malah tambah bengkak.
Terus inget, di poli kesehatan kantor, ada bagian rontgen. Akhirnya daku meluncur kesana karena takut ada masalah apa-apa sama onderdil kaki.

Sampai di dokter, daku enggak di rontgen, dokter malah menyarankan untuk check lab. Periksa kandungan darah. Saat itu di check dengan mengambil sedikit sample darah dari jari manis. Rasanya sih gak gitu sakit. Masih lebih sakit diselingkuhin *curcol*

pas cek darah. sakit sakit unyu gitu.

Alangkah kagetnya, saat hasil tiba, dokter menyatakan kandungan purinku 11. Itu tinggi banget. Kandungan purin dalam darah menunjukan tingkat asam urat. Untuk usiaku dulu saat 21 tahun, kandungan asam urat 11 dinyatakan berada di level tinggi dan mengkhawatirkan. Daku diminta mengingat ngingat makanan yang seminggu terakhir dimakan. Berdasarkan ingatan, yaitu, sate kambing, gulai kambing, steak sapi, susu kedelai, dst yang ternyata memiliki kandungan purin tinggi.
Akhirnya daku disarankan untuk tidak memakan:
1. Kacang-kacangan
2. Sayuran hijau tua
3. Jeroan
4. Daging merah
5. Durian
6. Emping

Duh, asal kalian tau aja, itu semua diatas adalah makanan kesukaan daku. It’s gonna be like hell to live my life without these foods.

Tapi, dokter kasih catatan. Bukan berarti gak boleh makan sama sekali. Hanya saja jangan berlebihan.
The problem is “MANA BISA BEGITU?!”
once you eat ur fav food you can never stop.

Err…

*keplak jidat sendiri*

Karena daku mau sehat, daku mesti bisa tahan napsu untuk gak makan hal-hal yang dilarang secara berlebihan.

Mari membatasi diri!
Masih muda kok, badan berasa tua! Haduh…

Iklan

16 pemikiran pada “Muda Rasa Tua

  1. yah, awalnya memang sulit. lama kelamaan akan terbiasa. daku pun seperti itu dulu. tapi, demi mengecilkan perut ku ini, aku pun rela untuk tidak memakan makanan yg menjadi kesukaanku karena dilarang dokter. ga dilarang banget. cuma krn enak, aku lanjut aja.

  2. duh, kamu sih makan2 enak ga ajak2 aku makanya jadi begitu kan… ;p
    udah umur 30 something begini *dikeplak* harus jaga kesehatan dan diatur makannya yang sehat2.
    boleh sih ya sekali-sekali makan makanan2 yang kamu suka tapi yang kurang sehat diminimalisir dan jangan keseringan…
    pokoknya “don’t worry, be healthy”
    *ceritanya bawel tapi tetep perhatian* 🙂

  3. Fan, makan duren yok.
    *dibanned* hahaha

    Anw, kuncinya pengendalian diri, yes? Eh mamaku juga asam urat, kalau kambuh langsung minum jus belimbing gituh. Embuh bener ngaruh atau enggak tapi beliau setia begitu

  4. tapi ya rabbi my appetite kus semangat. semua benda nak makan je. beras biasa kena tukar ke beras wangi. kena minum mineral water je (ni sape yg over ni….baby ke umi hehehe). asal je ada temujanji dengan puan misi dan doktor jadinya aku kena tebalkan kulit telinga ni sebab tak tahan dengar ceramah. makan tu kena kurangkan kabo dan lemak segala. lebihkan protein. tapi orang sekeliling cakap kat aku time mengandung ni la kita nak makan sepuasnya kan sebab waktu lain kita on diet (kononnya). berat awak ni sepatutnya naik 0.5kg je sebulan tau. tapi adoi la tulunnnnnnnnnnnn sejak lepas kawin dulu (memang ada naik sikit) jadi dah naik 9kg ni tau. semua orang cakap yang perut aku ni tak gaya umur 4 bulan tapi dah ke bape bulan ntah. kaki lak tak yah citer memang bengkak je memanjang macam dah masuk 7 bulan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s