YANG SEHAT, YANG ENAK


Halo thinkers!

Selamat datang di blog aku. Seperti janjiku kemaren. Hari ini ifan akan menjelaskan tentang isoflavon dan makanan apa saja dari kedelai yang dapat kita nikmati sehari-hari. Info ini cukup penting loh untuk menambah referensi pengetahuan kamu mengenai kesehatan. Bailah kita mulai bahas sekarang yuk !

Sebelumnya, aku mau share gambar kedelai, kalau-kalau ada yang belum pernah melihat kacang kedelai *meremehkan* *ketawa ala kunti*

ISOFLAVON, apa itu? Ikatan sejumlah asam amino dengan vitamin dan beberapa zat gizi lainnya dalam biji kedeelai ada yang membentuk flavonoid. Flavonoid adalah sejenis pigmen, seperti halnya zat hijau daun yang terdapat pada tanaman yang berwarna hijau. Senyawa ini biasanya memiliki ciri khas, yaitu mengeluarkan bau tertentu. Bau langu yang terdapat pada biji kedelai adalah salah satu tanda bahwa dalam biji tersebut terdapat flavonoid. Secara ilmiah, flavonoid sudah dibuktikan mampu mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Dan salah satu jenis flavonoid yang sangat banyak terdapat pada biji kedelai dan amat bermanfaat bagi kesehatan adalah isoflavon. Hal apa sajakah yang dapat dimanfaatkan dari isoflavon dalam hubungannya dengan kesehatan? Berikut aku bahas:

Isoflavon dan Kolesterol

Penelitian menunjukan protein kedelai dalam penggunaanya dapat menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi penyakit kronis. Terus ya, terapi diet (terapi melalui pengaturan makanan) menjadi lebih efektif jika menggunakan protein kedelai dibandingkan jika hanya menggunakan makanan rendah lemak saja dalam mencegah penyakit jantung koroner.

protein kedelai atau juga soy
, kaya akan asam amino glisin dan orginin yang mempunyai kecenderungan dapat menurunkan asam insulin darah yang diikuti dengan penurunan sintesa kolesterol.

Isoflavon dan Osteoporosis

                Beberapa studi telah dilakukan untuk menghubungkan konsumsi kalsium dengan pengendalian osteoporosis. Diet dari tumbuh-tumbuhan, terutama yang sumber utamanya kedelai, dapat membantu mencegah osteoporosis. Suatu studi yang menggunakan tiga kelompok individu, menunjukkan bahwa kelompok yang mengkonsumsi protein hewani memperlihatkan kehilangan kalsium dalam urine 50% lebih banyak dibanding kelompok individu yang hanya mengkonsumsi protein kedelai dan protein dari susu.

Isoflavon, Menopouse dan Kanker Payudara

                Masa-masa pre-menopause dapat terjadi antara umur 45 ke 55 tahun, meskipun dapat terjadi juga diusia 40 tahun. Menopause terjadi akibat turunnya level estrogen. Jadi buat mamah-mamah yang memasuki usia tante *dijewer nyokap* mending konsumsi deh kedelai karena isoflavonnya mampu meningkatkan hormon yang membantu menghambat ternjadinya menopouse

Oh iya, Isoflavon dapat berfungsi sebagai estrogen selektif dalam pengobatan, menghasilkan efek menguntungkan (sebagai anti kanker dan menghambat atherosklerosis) tetapi tidak menimbulkan resiko (meningkatkan resiko kanker payudara dan endometrial) yang biasa dihubungkan dengan terapi pengganti hormon yang biasa dilakukan.

Isoflavon dan Kanker Prostat

Untuk para lelaki, termasuk aku dong tentunya. Kanker prostat menjadi momok yang menakutkan. Aaaakkkk , daku takut *tutup muka pake bantal* . Tapi, agak melegakan sedikit, karena makanan yang aku suka, kedelai yang mengandung isoflavon, mampu untuk menurunkan resiko pria untuk terkena kanker prostat loh!

 

Sekarang ifan mau berbagi sama thinkers sekalian, olahan apa saja yang dapat dinikmati dari kedelai. Apa aja hayo? Let’s think things!

TEMPE

Siapa coba yang tidak kenal penganan ini? Makanan yang sering di goreng atau di oreg ini amat sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Enak, murah, dan meriah manfaatnya !

KECAP

Ada orang yang kalau enggak makan kecap berasa enggak nikmat. Lanjutkanlah kebiasaan itu! Kecap juga mengandung manfaat kedelai loh !

SUSU KEDELAI

Umumnya masyarakat belum begitu mengerti manfaat dari susu kedelai. Padahal di negara barat sana para peneliti telah membandingkan loh Susu kedelai dengan Susu Sapi, susu kedelai mampu untuk menurunkan resiko seseorang mengalami penyakit jantung koroner dan berbagai macam kanker. Tunggu apalagi, segera konsumsi !

Hey thinkers, buat yang enggak suka dengan tempe karena ribet memasaknya, enggak suka kecap karena terlalu manis, atau yang enggak suka dengan susu kedelai karena bau langu-nya, gimana coba menikmati manfaat dari kedelai? JANGAN TAKUT!! Karena ada produk instan yang diolah secara higienis dan mampu memenuhi kebutuhan thinkers sehari-hari. Namanya .. JRENG JRENG JRENG *kasih efek drum* *nyalain tata cahaya*…

PRODUK ITU NAMANYAAAAAA :

Gambar ini daku ambil saat perjalanan bandung – jakarta. Kelaparan sekali tapi dua soyjoy ini sangggup mengganjal perutku yang hungry to the max!

Jadi ya thinkers, SOYJOY dapat kamu jadikan cemilan di sela-sela menu diet kamu tanpa takut menjadi gendut!

Soyjoy pun terdiri dari berbagai macam rasa, ada rasa HAWTHORN BERRY, STRAWBERRY, MANGO COCONUT, APPLE, RAISIN PEANUT. Bosan? NO WAY! Rasanya enak kok. Dan mudah untuk didapat, tinggal mampir toko *jangan ke toko bangunan ya =( *, terus bayar, sobek bungkusnya lalu NIKMATI! Simple kan?

Soyjoy pun memiliki kandungan ISOFLAVON loh, ini buktinya thinkers aku fotoin buat kamu

Aku hampir lupa satu hal yang membuat soyjoy sangat dianjurkan untuk kamu yang sedang diet, soyjoy mengandung GI yang rendah. Apa itu GI?

GI ( Glycemic Index ) merupakan tingkatan pangan dalam skala 0 – 100 menurut efeknya terhadap kadar gula darah.  Makanan yang memiliki nilai GI tinggi akan menaikkan kadar gula darah dengan cepat, sebaliknya makanan dengan nilai GI rendah akan lambat menaikkan kadar gula darah. Ini bagannya :

  • SOYJOY termasuk dalam kategori makanan Low GI dengan nilai indeks 23 – 28 

(skala 0 – 100) sehingga tidak perlu kuatir jadi gemuk/menambah berat badan. YEAYYY!!!

 

Supaya kamu jelas, aku rela loh jor-joran rahasia singsetku *di tampar rame-rame* sama kamu dengan memberikan gambar yang isinya info kandungan gizi soyjoy rasa RAISIN PEANUT :


Thinkers, sakit itu mahal. sedangkan Sehat itu bisa kamu usahakan. Daripada kamu makan yang enggak-enggak, mending makan yang pasti-pasti. Pas dikantong dan pasti sehat!

So, tunggu apalagi? Segera beli soyjoy dan rasakan manfaatnya!

NEXT POST : LIFE WITH SOYJOY.

*jangan melewatkan postingan berikutnya ya

SUMBER:

http://www.soyjoy.co.id/about-soyjoy/flavors-nutrition/

http://www.ebookpangan.com/ARTIKEL/ISOFLAVON,%20ZAT%20MULTI%20MANFAAT%20%20DALAM%20KEDELAI.pdf

http://ferysofian.blogspot.com/2008/03/manfaat-dan-kandungan-susu-kedelai.html

http://www.google.com

Iklan

3 pemikiran pada “YANG SEHAT, YANG ENAK

  1. Om, tsabita aja seneng tuh sama tempe. Tapi sayang nona kecil itu masih belum suka sama Soyjoy nya 😀

    Oh iya mau nambahin ah. Buat para bunda yang lagi menyusui kedelai memang salah satu sumber memperbanyak asi (karena kedelai termasuk dalam jenis kacang2an).

    So bunda2 bener kata on irfan ini banyak banget manfaat kacang2an–kedelai–buat tubuh. Titip pesen ya, niatkan lah untuk memberikan asi sebaik dan selama mungkin bagi anak2 kita.

    Go Japan…!!

  2. pertamax fan! kikikik…

    postingan yg ini lebih bagus dari yg kemaren bo!! Lebih berisi gitu lohh! hehehe…

    klo bwt gw sih ya…salah satu alasan lagi knapa soyjoy itu produk yg ok, ya karena dia itu proses produksinya pake teknologi Jepang, tau sendiri kan, standar teknologi Jepang, baik itu standar nutrisi sampe hygiene itu tinggi banget, so…uda pasti soyjoy ini aman dan oks bgt lah *jiahh, dibayar brapa gw ngiklan soyjoy di blog lo???!*

    oiya…gw jadi inget abis baca tulisan ini yg kedelai bisa untuk terapi hormon, di Amrik nih sekarang lagi trend terapi hormon, salah satunya ya dibikin dari kedelai ini, gw masi inget itu ampe masuk Oprah Show loh! Bayangin aja, nenek-nenek umur 61 taon blom menopause, trus mukanya tuh masih kaya yg umur 40 taon, ck..ck..ck..gw ampe takjub dulu. Nah, berhubung terapi hormon ini mehill bangetz, alangkah baiknya kita ganti dengan yg murce-murce ajah *pelit.com* salah satunya dengan konsumsi kedelai, hehehe…

    Gw tunggu postingan selanjutnya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s