KEDELAI UNTUK GIZI KAMU!



Hello thinkers!

Balik lagi di blog ku. Pasti pada kangen ya? Iya kan? *sogok pake uang segepok* . oke kalian sudah pada ngangguk. Berarti sudah layak dapat info penting dari beta *apaan deh ifan*.

Kali ini bahasan aku agak serius nih. Ini tentang kesehatan! Nah loh. Siapa diantara kalian yang sedang mengalami gizi buruk? Eng… enggak termasuk aku ya. Gizi ku berkecukupan kok *sambil nahan lemak di perut* .

COBA TEBAK! Siapa diantara mereka yang punya gizi cukup?

(suara gaib)      : “yang pake baju pink!”

(suara sendiri)  : “Loh itu kan aku *blushing*, anyway pertanyaanya itu yang terlihat memiliki gizi cukup tau, bukan yang terlihat ganteng”

(suara gaib)     : *lempar ifan pake sepeda gunung*

Thinkers, Nowaday gizi yang baik dan tercukupi itu amat sangat diperlukan. Apalagi oleh kamu yang punya aktifitas segudang. Dan tau gak, bahkan untuk yang kerjanya hanya bangun, tidur, makan, terus tidur lagi pun mereka memerlukan gizi yang baik. Hanya kadarnya yang disesuaikan. Ya itu dia, TER-CU-KU-PI .

Masih bingung dengan kata tercukupi? Yauda gini deh. Pada dasarnya manusia, baik pria maupun wanita memiliki kebutuhan kalori dan gizi yang berbeda.ini nih penjelasannya :

Jadi, tugas kita yang mau hidup sehat adalah dengan mencapai asupan kalori tersebut melalui makanan yang kaya akan gizi !

“CARANYA FAN???!!!”, duh, nanyanya santai aja kali. Jangan teriak-teriak begitu. Jadi begini caranya, Thinkers yang mau mencukupi gizinya dengan makanan yang sehat dapat mencoba cara PELANGI COMBINE .  apa itu? Sebelumnyaa maaf dulu ya thinkers kalo nama barusan terkesan norak. Yah namanya juga pengarang, suka banyak kekurangan :p

Pelangi combine adalah dengan membuat food combining sesuai selera kamu, kini isi piring kamu jadi warna-warni! Pada dasarnya di dalam setiap sayuran dan buah-buahan memiliki manfaat tertentu sesuai dengan warnanya. Sebut saja namanya fitokimia dia adalah seorang gadis yang.. errr.. STOP THERE! Salah pembahasan. *kembali* Fitokimia merupakan senyawa kimia dalam bahan pangan dimana setiap warna memiliki manfaat yang berkhasiat untuk mencegah penyakit tertentu.

Berikut tabelnya :

Nah, sudah terbayangkah untuk kalian melakukan kombinasi makanan?

Selanjutnya saya akan membahas kaitannya kedelai dengan pemenuhan kebutuhan gizi. Kedelai yang dalam bahasa inggris disebut soy memiliki kandungan gizi yang luar biasa. Kalian akan terkejut karena begitu banyak sekali manfaat yang dapat ditemukan dari kedelai. Hasil-hasil penelitian di berbagai bidang kesehatan telah membuktikan bahwa konsumsi produk-produk kedelai berperan penting dalam menurunkan resiko terkena berbagai penyakit degeneratif. Berikut kandungan yang ada dalam susu kedelai:

* Protein, berguna untuk pertumbuhan, perbaikan jaringan yang rusak, penambah imunitas tubuh.

* Lemak Nabati, Sangat baik untuk tubuh manusia.

* Karbohidrat, sebagai sumber energi atau tenaga didalam tubuh

* Serat / fiber, berguna untuk system pencernaan dalam tubuh.

* Vitamin A, membantu kelancaran fungsi organ penglihatan dan pertumbuhan tulang.

* Vitamin B1, berperan dalam reaksi-reaksi dalam tubuh yang menghasilkan energi

* Vitamin B2, isebut juga flavin, merupakan pigmen yang banyak terdapat pada susu

* Vitamin E, melancarkan proses reproduksi dan proses menstruasi, menegah impotensi, keguguran, dan penyakit jantung kardiovaskuler, meningkatkan produksi air susu, membantu memperpanjang umur, dan sebagai antioksidan.

* Mineral, berfungsi dalam menambah kekuatan struktur tulang, gigi, dan kuku, serta dapat menambah daya tahan tubuh terhadap gangguan penyakit

* Polisakarida yang mampu menekan kadar glukosa dan trigliserida postpandrial, serta menurunkan rasio insulin-glukosa postpandrial (setelah makan).

* HDL (Kolesterol Baik) menahan proses pengapuran dengan cara menyedot timbunan kolesterol didalam pembuluh darah, lalu membawanya ke lever dan selanjutnya dibuang melalui empedu. Oleh karenanya HDL dikenal sebagai kolesterol baik.

* Kalsium Fungsi Kalsium yaitu
o Pengaruh Neurotransmitter, peredaran darah dan fungsi otot urat
o Membantu meningkatkan kekuatan pada tulang, guna mencegah tulang keropos (osteoporosis)
o Membantu peredaran darah secara normal
o Membantu formasi sel protein dan membantu mengatur fungsi otot
o Mengontrol asam lemak (fatty acids) pada usus yang dapat mengurangi formasi sel kanker dengan tujuan mencegah terjadinya kanker usus

WOWWW!! *mulut menganga*

Banyak sekali manfaat dari kacang kedelai!

Tapi itu belum semuanya, masih ada yang namanya ISOFLAVON. ini merupakan ikatan sejumlah asam amino dan beberapa zat gizi lainnya dalam biji kedelai yang membentuk flavonoid.  Manfaatnya banyak sekali. Mau tau kan? pasti mau dong, jadi jangan sampai kamu melewatkan postingan berikutnya di blog saya. Akan saya bahas panjang tentang si Isoflavon ini. Juga makanan olahan apa saja yang mengandung kacang kedelai. Kira-kira apa saja hayoo? RAHASIA DONG! Tunggu postinganku berikutnya!

NEXT POST : “ Yang Enak, Yang Sehat “

SUMBER:

http://vinadanvani.wordpress.com/2008/07/13/gizi-dan-manfaat-susu-kedelai/

http://www.kkkmedicine.blogspot.com/2010/07/rainbow-food-for-health.html

wikipedia

Iklan

7 pemikiran pada “KEDELAI UNTUK GIZI KAMU!

  1. wew…keren artikelnya…*nahan iler keluar dari mulut*
    keliatan niat pgn ke jepang menggebu dari sanubari yang paling dalam *digaplok ifan pake dus soyjoy*
    c u in top 10 😀

  2. Ih ya ampunnn,, keren sekaliiii
    Infonya update fenomenal bohay bombastizzz
    Kedele emang enak, apalagi kalo disayur sama tauge, jd sayur taule *apaan sih?
    Sayangnya orang2 di indonesia g peduli sama kedele, mereka mengkonsumsi kedele rata2 dari tempe n tahu. Kalo buat orang tajir kaya gw, jarang bgt makan tempetahu, lbh sering makan daging2an. Makany badanku penuh daging, bkn penuh kedele 🙂
    Emang kedele harus dikonsumsi lebih lagi, untung udah ada soyjoy yg penuh dg manfaat kedele.
    mari qt mengkedelekan indonesia!

    Tapi, fan, lo g bhs efek samping kdele? Bisa bikin bau k*nt*t,, haha

    1. Waduh tiw, dikau menuli kedele seoalah itu brekele. (” `з´ )_,/”(>_<!) . Kedelai kali *naikin dagu*
      Iya, semuanya itu karena merasa punya duit banyak, makan, makanan yang mahal. Padahal yg mahal belum tentu sehat ! Ada yg hemat. Contohny y kedelai ini 🙂 enjoy your soyjow 😀

  3. hmm…gw demen nih klo udah ngomongin masalah kesehatan kaya gini. Ok, artikel kamu lumayan bagus fan, yah…untuk ukuran orang yang awam masalah gizi dan kesehatan, lumayanlah, hihihi…becanda fan.

    Gw di sini mungkin cuman mau nambahin dikit aja, tentang arti penting kedelai khususnya bagi kaum wanita. Jaman sekarang nih, nutrisi apa yg terkandung dalam kedelai yg paling penting buat cewe? jawabannya adalah flavonoid yang kamu sebutin tadi. Kenapa? Karena flovonoid ini merupakan antioksidan yang bagus banget untuk mencegah kanker, di mana kita tau, perempuan jaman sekarang ini rentan banget sama yg namanya kanker. Lho, kok bisa si flavonoid ini mencegah kanker? ya karena aktivitas antioksidannya tadi. Penyakit kanker adalah penyakit di mana sel-sel tubuh berkembang secara tidak normal, penyebabnya macem-macem, mulai dari virus, radiasi, sampe radikal bebas yang ada di udara tercemar. Flavonoid ini merangsang *jiahh, merangsang?!hehe…* pembentukan enzym yang mampu membunuh mutagen dan zat2 carsinogenic.

    Trus…yg bikin seneng nih, kandungan antioksidan dalam kedelai juga bisa bikin awet muda euy! hihihi…karena sifatnya yg mampu menangkal radikal bebas, kedelai ini bisa membantu menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh, protein di dalamnya bisa membantu pembentukan hormon GSH (Glutathione) yang berfungsi untuk menjaga kesehatan liver dan ginjal, trus juga bisa bikin kulit putiiiiihhh…hihihi… klo kadar hormon dalam tubuh seimbang, maka pembentukan collagen pada kulit juga akan lebih baik, manfaatnya kerut yg ada di muka lo fan *ups!* juga bisa berkurang hihihi…

    Ok yah, sekian dulu pelajaran gizi dan kesehatan dari gw. Sukses yah, ke Jepangnya…

    NB: btw, HDL tuh High Density Lipoprotein *lo nyebutin HDL tapi kaga ngasih tau itu singkatannya apa, heuh…*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s